Minggu, 06 Oktober 2013

Fungsi Dari PCI, PCI Express, Accelerated Graphics port, USB dan Firewire, PC Card

1. Fungsi dari PCI bus 


Dalam PCI terdapat 50 sinyal yang dibagi dalam beberapa kelompok menurut fungsinya dan telah ditetapkan, yaitu
  • System Pins : meliputi pin waktu dan reset
  • Address and Data Pins: meliputi 32 saluran yang time-multiplexed bagi alamat dan data.
  • Interface Controls Pins: mengontrol waktu transaksi dan menkoordinasikan antara inisiator dan target.
  • Arbitration Pins: pin-pin ini tidak dipaikai secara bersama-sama tetapi masing-masing memiliki pasangan saluran arbitrasinya sendiri yang menghubungkan secara langsung dengan arbitrer PCI bus.
  • Error Reporting Pins: Digunakan untuk melaporkan error parity dan error-error

2. Fungsi dari AGP (Accelerated Graphics port)

Fungsinya adalah menyaluarkan data dari kartu grafis ke CPU tanpa harus memori utama., dengan demikian proses pengolahan data grafis dapat dipercepat. Kelebihan lain AGP ini adalah kemampuanya mampu untuk mengeksekusitexture maps secara lagnsung dari memori utama. Datang dengan berbagai cita rasa, saat ini kebanyakan mother board menyertakan AGP bus 4x yang bekerja pada frekuensi 266MHz.

3. Fungsi dari PC card 

Fungsinya sebagai tempat penyimpanan berbagai media - media.












4. Fungsi dari PCI express bus 

 PCI dirancang untuk mendukung bermacam-macam konfigurasi berbasis microprosesor, baik sistem microprosesor, baik sistem micoprosesor tunggal maupun banyak. Karena itu, PCI memberikan sejumlah fungsi untuk kebutuhan umum. PCI memanfaatkan timing snkron dan pola arbitrasi tersentralisasi.Fungsi PCI Express adalah sebagai pengganti bus parallel, slot PCI adalah tempat untuk modem, tv tuner, VGA, 
atau LAN card.

5.Fungsi dari USB dan Firewire bus

USB merupakan port standar yang ada di komputer saat ini, setiap komputer yang kita beli saat ini selalu dilengkapi dengan USB. Konektor-konektor USB tersebut dapat ditancapkan berbagai perangkat mulai dari mouse sampai printer dengan mudah dan cepat. Sistem operasi saat ini juga sangat mendukung keberadaan USB, mulai versi windows XP ke atas bahkan sudah terdapat installer berbagai perangkat USB yang include dalam satu paket program windows tersebut

Tujuan diciptakan USB adalah untuk mempermudah pengguna komputer untuk mengkoneksikan ke perangkat lain. Beberapa contoh perangkat yang telah dibuat dalam versi port USB antara lain:

1. Printer
2. Scanner
3. Mouse
4. Joystick
5. Camera Digital
6. Webcam
7. Modem
8. Dan lain sebagainya.

FUNGSI FIREWIRE
Sangat penting mengetahui bahwa fungsi Firewire lebih dari sekadar transfer data, terlebih Firewire mempunyai akses langsung untuk direct Memory Access (DMA). Juga patut diperhatikan bahwa teknik skrip yang telah dijelaskan di atas juga dapat digunakan pada operating system lain, termasuk Mac OS X dan Linux, bahkan beberapa hacker mampu memodifikasi iPod untuk menjalankan penyerangan Firewire DMA.

3 komentar: