Senin, 30 September 2013

Penjelasan Firewire, Bluetooth, SCSI, eSATA, IrDA, Serial Port

1. Firewire port

Port Firewire adalah bentuk-bentuk port serial yang menggunakan teknologi FireWire untuk mentransfer data dengan cepat dari satu perangkat elektronik ke dalam komputer. Port FireWire telah umumdigunakan sejak tahun 1995, ketika Apple Inc pertama mulai memasukkan port pada sejumlah camcorder digital. Saat ini port FireWire yang digunakan pada sejumlah perangkat lain.
Sebagai serial bus multi-platform, port FireWire memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan sejumlah perangkat yang berbeda. Sebagai contoh, koneksi FireWire dapat menyediakan cara yang ideal untuk terhubung ke scanner ke sistem komputer. Karena transfer rate port FireWire dapat mencapai hingga 400 Mbps, transfer data relatif cepat dan juga menghasilkan kualitas yang sangat baik.
2.Bluetooth Port
Bluetooth adalah suatu teknologi komunikasi wireless yang memanfaatkan frekuensi radio ISM 2.4 GHz untuk menghubungkan perangkat genggam secara terpisah (handphone, PDA, computer, printer, dan lain-lain) dengan jangkauan yang relatif pendek. Perangkat-perangkat genggam yang terpisah tersebut dapat saling bertukar informasi atau data dengan menggunakan Bluetooth.
Teknologi Bluetooth diusulkan oleh Ericsson dan kemudian bersama-sama dengan IBM, Intel, Nokia, dan Toshiba membentuk Bluetooth Special interest Group (SIG) pada tahun 1998 yang kemudian diikuti oleh perusahaan besar seperti Microsoft, 3Com, Lucent, dan Motorola.. Nama Bluetooth diambil dari nama raja Denmark, Harald Bluetooth. Tujuan dari perancangan Bluetooth adalah sebagai teknologi yang murah, handal, berdaya rendah, dan efisien.

3.SCSI port (Small Computer System Interface)

SCSI singkatan dari Small Computer System Interface, merupakan sebuah antarmuka  bus berkinerja tinggi yang didefinisikan oleh panitia ANSI X3T9.2 (American National Standard Institute). Antarmuka ini digunakan untuk menangani perangkat input/output atau perangkat media penyimpanan. 
Perangkat yang umum menggunakan SCSI adalah hardisk, CD-ROM, scanner, atau printer. Medium fisiknya biasanya adalah kabel ribbon yang memiliki jumlah konduktor yang banyak (biasanya 50 atau 68). SCSI mendukung maksimal 16device dalam bus. Biasanya, device tersebut termasuk sebuah controller card dalam host (SCSI iniator, yang meminta operasi) dan sampai 15 storage device (SCSI target, yang menjalankan perintah).

Sebuah SCSI disk adalah sebuah SCSI target yang biasa, tapi protokolnya menyediakan kemampuan untuk menuliskan sampai 8 logical unit pada setiap SCSI target. Penggunaan logical unit addressing biasanya adalah perintah langsung pada komponen dari array RAID atau komponen dari removable media library.

4.eSATA Port

 Tahukah Anda apa itu eSATA? External Serial Advanced Technology Attachment atau eSATA adalah sebuah antarmuka eksternal untuk teknologi SATA. Ini bersaing dengan FireWire 400 dan universal serial bus (USB) 2,0 untuk memberikan kecepatan transfer data yang tinggi untuk perangkat penyimpanan eksternal. Jadi kalau disederhanakan eSATA adalah salah satu cara meng-koneksikan drive eksternal dengan komputer atau laptop.
Berawal dari SATA yang menggantikan teknologi warisan ATA sebagai antarmuka bus generasi berikutnya dari hard drive internal. Antarmuka SATA lebih efisien dari pada ATA dan menyediakan arsitektur serial untuk kecepatan yang lebih besar daripada teknologi paralel yang lebih tua. Kabel eSATA yang sempit dan bisa sampai 6,56 inci (2 meter) panjangnya, sedangkan kabel paralel yang lebih luas dan terbatas pada panjang dari 18 inci (45,7 cm). Dengan eSATA, SATA memperluas kecepatan untuk memberikan solusi penyimpanan eksterior.

5.IrDA Port

Asosiasi data inframerah (IrDA) adalah sebuah kelompok kepentingan didorong industri yang didirikan pada tahun 1993 oleh sekitar 50 perusahaan. IrDA menyediakan spesifikasi untuk satu set lengkap protokol untuk komunikasi nirkabel inframerah dan nama "IrDA" juga merujuk pada set protokol. Alasan utama untuk menggunakan IrDA telah transfer data nirkabel melalui "satu meter terakhir" menggunakan titik dan menembak prinsip. Dengan demikian, telah diimplementasikan dalam perangkat portabel seperti ponsel, laptop, kamera, printer, peralatan medis dan banyak lagi. Karakteristik utama dari jenis komunikasi optik nirkabel secara fisik aman transfer data, Line-of-Sight (LOS) dan kesalahan bit sangat rendah rate (BER) yang membuatnya sangat efisien.


6.Serial Port

Serial port atau bisa disebut dalam Bahasa Indonesia adalahport seri merupakan sebauh port pada personal computer yang berfungsi untuk mentransmisikan satu bit informasi pada satu - satuan waktu. Dalam serial port, pengiriman informasi tidak memungkinkan untuk melalukan secara banyak sekaligus.

Hal ini disebabkan karena dalam melakukan pemindahan data, biasanya serial port bekerja seri, misalnya COM1 dan COM2. Untuk penggunaan port serial sekarang ini sudah berkurang. Pengguna port serial telah tergantikan oleh pengguna port USB dan Fire wire. Sedangkan untuk jaringan (NetWorking) fungsi sudah tergantikan port ethernet. Berikut beberapa fungsi serial port yaitu menghubungkan antara peripheral (alat) komputer lain dengan motherboard, penghubung antar MOUSE dengan mothetboard, penghubung antar modem dengan motherboard, dan mentransmisikan informasi - informasi berupa bit - bit dari mainboard ke perangkat lainnya. Konektor yang digunakan adalah RS-232C dengan 9 pin atau 25 pin.

1 komentar: